Jumat, 08 Januari 2010

Membuat Box Subwoofer Sederhana

Membuat Box Subwoofer Sederhana



Persiapan bahan yang digunakan untuk membuat box subwoofer
Kayu MDF dengan ukuran ketebalan minimal 15 mm. Jika menggunakan bahan MDF yang memiliki ketebalan tipis, selain kurang kokoh juga akan menimbulkan distorsi. Ada perbedaan mendasar antara MDF dan partikel board, dapat dilihat dari kerapatan tekstur kayu.

1. Lem kayu putih
2. Lem additive seperti Aibon, Fox dan lainnya.
3. Sekrup, paku, baut dan mur
4. Dempul
5. Amplas
6. Bahan fiber glass
7. Glasswool
8. Vinyl atau karpet






 Alat-alat yang biasanya digunakan adalah:
Gergaji listrik atau biasanya disebut jig saw atau circular saw. Alat ini fungsinya memotong bahan kayu MDF dengan cepat dan tepat. Seubungan MDF bertekstur keras, jika menggunakan gergaji manual biasa tentunya membutuhkan waktu penggerjaan yang lama dan membutuhkan energy besar.

1. Sander atau serutan kayu
2. Penggaris atau mistar
3. Jangka
4. Kuas
5. 6.Tang & obeng
6. Bor listrik
7. Filler atau dikenal dengan kape

 Langkah-langkah pengerjaan:
1. Pertama kali perhatikan langkah-langkah yang telah diterangkan dalam rubrik stereo guide professional untuk membuat box subwoofer yang baik.

2. Tentukan daerah pada kendaraan yang akan dijadikan tempat pemasangan box. Untuk ilustrasi kali ini penempatan box berada pada bagasi belakang sebelah kanan dari mobil BMW.

3. Setelah diketahui ukuran box yang dibutuhkan dari driver subwoofer, lapisi bagian dari penempatan tersebut dengan plakban kertas sampai semua bagian tertutup rapat.

4. Kembali lapisi dengan alumunium foil dan langsung membuat pola pada alumunium sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.

5. Tempelkan serat fiberglass pada bagian yang telah ditandai, usahakan sedikit lebebihi batas ukuran. Kemudian olesi dengan resin yang sudah dicampur dengan catalyst. Diamkan sementara hingga kering.

6. Lakukan berulangkali sehingga fiber tercipta dengan tebal dan kokoh. Caranya, setelah kering, lapisi lagi dengan serat fiberglass dan resin untuk mengencangkannya. Tunggu sampai kering.

7. Apabila sudah lumayan keras, ada dua cara yang digunakan untuk menempelkan bagian depan kayu. Copot plakban yang menempel, kemudian jemur ditempat yang terkena sinar matahari.

8. Setelah kering dan cukup tebal, tempel kembali pada posisi semula. Dan beri batas-batas pada bagian yang tidak perlu dengan menggunakan spidol. Potong bagian yang tidak diperlukan dan rapihkan.

9. Bentuklah pola yang diinginkan untuk menutup bagian muka dan atas subwoofer dengan kayu MDF, tapi perhitungkan juga volume dari box harus sesuai dengan kebutuhan subwoofer.

10. Tentukan posisi ring dari subwoofer atau diameter ring yang disesuaikan dengan diameter subwoofer yang akan digunakan dengan menggunakan penopang antara bagian depan subwoofer dan bagian belakang. Tempelkan dengan menggunakan lem kayu.

11. Setelah selesai, tutup semua permukaan dengan menggunakan kain kassa. Usahakan seketat mungkin.

12. Setelah pola box subwoofer terbentuk atau telah setengah jadi, angkat kembali box tersebut untuk dilakukan finishing.

13. Lapisi semua permukaan kain kassa dengan menggunakan serat fiberglass dan diolesi dengan resin kembali. Keringkan hingga menjadi tebal dan keras.

14. Posisikan ditempat yang sudah ditentukan dari awal untuk menguji dudukan box tersebut sesuai dengan posisinya hingga tidak dapat bergerak.

15. Untuk finishing, OS mania dapat merapihkannya dengan menggunakan dempul dan memperhalusnya dengan amplas. Selanjutnya terserah, mau ditempel dengan vinyl atau karpet, dapat juga di cat.

16. Yang perlu diperhatikan adalah lubang untuk jalur kabel, bisa dengan cara membor pada bagian belakang. Tapi perlu diingat, untuk box sealed lubang dari jalur kabel harus ditutup dengan menggunakan lem plastic hot gun. Alternative lain ialah dengan menggunakan terminal luar.

17. Tinggal pasang subwoofernya, dan tuning.

18. Pembuatan ini hanya untuk instalasi sederhana yang biasanya diterapkan oleh beberapa instalatur pada kendaraan dengan system daily use. Untuk membuat box sederhana yang baik dibutuhkan waktu sekitar 4 hari. Banyak teknik lain yang lebih extreme dan lebih komplek dalam pembuatan box subwoofer ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar